Friday, September 2, 2016

Penjelasan tentang pemrograman



Pengertian Pemrograman

Pemrograman adalah suatu proses merancang, menguji, memperbaiki, dan mengembangkan kode yang membangun sebuah program komputer, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dapat dimengerti komputer atau yang dikenal dengan bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu pekerjaan sesuai keinginan pembuat program. 

Pemrograman memiliki istilah lain yaitu coding. Coding adalah bahasa yang digunakan oleh OS(Operation System) dalam melakukan suatu tugas tertentu. Coding bertujuan untuk membuat program komputer. Dalam program komputer itu sendiri berisi tentang kumpulan instruksi-instruksi untuk membantu komputer melakukan aktivitas tertentu. Ada banyak bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah program komputer, yakni C, C++, Java, PHP, dan masih banyak lagi bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat sebuah program komputer.
Untuk dapat melakukan pemrograman,diperlukan keterampilan dan pemahaman dalam algoritma maupun pseudocode. Dalam pemrograman, algoritma sangatlah penting karena algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara berurutan sehingga dapat membantu menyelesaikan suatu masalah dalam pemrograman. Dan untuk menulis suatu program dibutuhkan pseudocode. Pseudocode adalah suatu cara untuk menuliskan bahasa pemrograman dengan bahasa yang mudah dipahami. Pseudocode juga mirip dengan kerangka  program yang bisa dikompilasi tanpa kesalahan dan cara menuliskannya dengan menggunakan kombinasi simbol dan bahasa.

Pemrograman memiliki konsep dasar. Konsep dasar pemrograman pada umumnya dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Input

    Tahap ini merupakan proses pemasukan data kedalam program komputer. Pada tahap ini dapat memasukan data apa saja yang diinginkan. Tipe data yang dapat dimasukkan, yaitu berupa angka(Numerik), urutan dari nilai yang berbeda(Enumerasi), menjelaskan kejadian true atau false(Boolean), dan rangkaian karakter(character).

2. Proses

    Pada tahap ini merupakan proses pengelolahan dari data yang telah diinput. Pada tahap ini bisa berupa proses menghitung, mencari, membandingkan, mengurutkan, mengklarifikasi, dan mengendalikan penyimpanan.

3. Output

    Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan data yang dapat ditampilkan dari proses pengelolahan data. Pada tahap ini data dapat ditampilkan keperalatan output yang dapat memberikan informasi. Misalkan: monitor, speaker, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment